Jumat, 03 Mei 2013


Phthalate Dan Bahayanya

Phthalate Dan Bahayanya
Phthalate dalam mainan bebek karet

Apa itu Phthalate

Phthalate adalah kelompok kimia “plasticizer” yang digunakan dalam berbagai macam produk konsumen, dari pipa PVC hingga parfum. Dengan miliaran pon diproduksi setiap tahunnya, phthalates ada di mana-mana. Phthalate telah dilarang di Uni Eropa sejak tahun 2005. Sembilan negara lainnya, termasuk Jepang, Meksiko dan Argentina, juga telah melarang bahan kimia ini.
Para peneliti percaya sebagian besar phthalate dalam tubuh kita berasal dari makanan. Tapi mereka tidak tahu persis bagaimana dan berapa jumlahnya. Menurut penelitian yang dikutip oleh Department of Health and Human Services, phthalate pada tanaman mungkin menumpuk di peternakan yang kita makan. Atau, phtalate dalam kemasan plastik bisa larut ke dalam makanan.

Bahaya Phthalate

Seperti Bisphenol A, phtalate mengganggu hormon – dalam hal ini, testosteron. “Phthalate diperkirakan menghalangi aksi testosteron dalam tubuh, dengan efek signifikan terhadap saluran reproduksi pria dan organ lain” dalam dosis tinggi studi hewan, kata Vandenberg.
Beberapa penelitian yang dilakukan telah mempertanyakan keamanan phthalate. Tingginya tingkat phthalate dalam tubuh telah dikaitkan dengan jumlah kualitas sperma rendah pada pria dewasa. Dalam satu studi yang dipublikasikan, wanita hamil dengan tingkat yang lebih tinggi dari phthalate lebih mungkin untuk menanggung bayi laki-laki dengan perubahan kelamin tajam – yaitu, jarak sedikit lebih pendek antara anus dan skrotum.
Phthalate umum digunakan dalam produk meliputi:
- DBP (dibutyl phthalate).
- DINP (diisononyl phthalate).
- DEP (diethyl phthalate).
- DEHP (di 2-ethylhexl phthalate).
- DMP (dimethyl phthalate).
- BBP (benzyl butyl phthalate).
- DNOP (di-n-octyl phthalate).
- DIDP (Diisodecyl phthalate).
Menghindari phthalate rumit, karena mereka begitu luas dan tidak jelas dari mana paparan terbesar berasal.
(photo: blcleathertech.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar