Kamis, 04 April 2013


Empat Langkah Hilangkan Stres karena Pekerjaan




 Tugas yang menumpuk ditambah persoalan rumit bisa membuat Anda mengalami stres. Sebelum stres mengacaukan pekerjaan Anda, ada beberapa cara untuk menyingkirkan efek negatifnya. Seperti yang dikutip dari situs Boldsky, berikut di antaranya.

1. Tarik napas dalam dan keluarkan
Cara ini efektif bagi mereka yang mengalami tingkat kecemasan dan stres yang tinggi.

Caranya cukup mudah. Anda hanya harus menarik napas dalam-dalam selama 5 hitungan, tahan napas Anda selama 4 hitungan dan hembuskan napas selama 6 hitungan.

2. Relaksasi pernapasan dalam
Langkah ini adalah latihan pernapasan yang sangat efektif untuk bersantai saat Anda merasakan kram atau sakit yang biasanya berhubungan dengan posisi duduk.

Caranya, ambil napas dalam-dalam dari perut bagian bawah. Dengan cara ini, Anda bisa merasakan udara melalui peru-peru dan perut. Kamudian, biarkan keluar melalui hidung dalam hitungan 5 detik.

3. Menghirup udara lambat dari hidung
Mulailah dengan menghirup udara lambat dari hidung, diikuti dengan
mengeluarkan napas cepat dari perut. Ulangi langkah sebanyak 9 hingga 10 kali selama dua kali sehari.

Perempuan hamil dan yang memiliki masalah rahim tidak disarankan untuk mencoba latihan pernapasan ini di kantor ataupun di rumah.

4. Menyeimbangkan pernapasan
Menyeimbangkan napas yang diikuti dengan kontrol diafragma yang sempurna adalah cara terbaik untuk mengatasi stres.

Untuk menyeimbangkan napas, Anda harus terus menarik napas dalam sesering yang Anda bisa dan kemudian mengeluarkannya dalam-dalam. Hirup dan hembuskan napas dalam 4 hitungan.
Teknik ini harus dilakukan melalui hidung dan paru-paru yang membawa fleksibilitas besar untuk diafragma dan menyinkronkan pernapasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar